Thursday 31 March 2016

Hidup Sederhana Itu Indah
Setiap orang pasti tidak akan pernah lepas dari keinginan-keinginan, dalam hidup sederhana seseorang harus mampu mengelola keinginan secara baik, jangan sampai setiap keinginan di jadikan kebutuhan yang harus di penuhi. Hidup sederhana itu terkait dengan gaya hidup bukan pada usaha yang di lakukan. Untuk itu cara berperilaku hidup sederhana adalah bagaimana seseorang menggunakan harta yang di miliki untuk mencukupi segala kebutuhan yang ada secara cerdas. untuk itu, Arti kata ‘sederhana’ antara lain: 1. tidak berlebih-lebihan 2. sedang (pertengahan, tidak tinggi, tidak rendah), 3. tidak banyak seluk-beluknya (kesulitan dsb); tidak banyak pernik; dan lugas. 

Dilihat dari arti kata tersebut bawah memang Hidup Sederhana itu sangat simpel namun sulit untuk dilksanakan, betul tidak..? 
Sepertinya memang benar adanya bahwa hidup itu ‘memang sederhana.’ Hal yang paling esensial yang membuat kita bisa menjalani kehidupan hingga saat ini adalah suatu hal yang juga sederhana, yaitu ‘nafas.’ Iya, nafas memang sederhana. Bahkan sangat sederhana dan saking sederhananya maka kita seringkali tidak mempedulikan nafas kita sendiri. Setiap saat kita bernafas, setiap saat pulalah kita hidup dari nafas. Setiap saat itu juga seringkali kita memiliki mentalitas terhadap nafas kita. Setiap saat itu jugalah kita terhadap segala sesuatu yang kita alami dalam kehidupan. Dan mentalitaslah yang seringkali membuat kita lupa untuk bersyukur terhadap apapun pengalaman kehidupan yang pernah kita jalani termasuk juga yang sedang kita jalani saat ini. 

Hidup sederhana berarti membebaskan segala ikatan yang tidak di perlukan. Berbeda dengan kemiskinan, kesederhanaan merupakan suatu pilahan, keputusan untuk menjalani hidup yang berfokus pada apa yang benar-benar berarti (Al-Muhasibi, 2006). Ciri-ciri Hidup sederhana bukan berarti hidup miskin atau kikir. Namun hidup sederhana adalah hidup yang di sesuaikan dengan kebutuhan dan tidak berlebihan dalam menggunakan harta yang ada. 

Sudahkah kita bersyukur untuk hari ini... ?? 

Adapun langkah-langkah hidup sederhana secara simpel di antaranya :
*Niat yang tulus dan ikhlas 
 Berniat adalah bahan bakar awal yang akan membantu kita untuk memiliki energi yang cukup untuk mewujudkan apapun yang kita niatkan. 

*Lakukanlah walaupun sedikit 
 Lakukan mulai dari yang paling kecil walaupun sedikit dan ringan kemudian bertahap ke hal yang lebih besar dan kompleks. Mulai-lah untuk hidup sederhana dari hal yang paling kecil dan ringan. sebagai contoh, seperti membersihkan inbox sms dari handphone atau membersihkan call logs adalah hal yang relatif mudah untuk dilakukan. 

Semoga bermanfaat sobat..@78

No comments: